1. IDENTIFIKASI MASALAH
Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kuantitatif dimana dilakukan perhitungan untuk menunjukan grafik perbandingan fosfat dan nitrogen di sungai. Tempat pengambilan sampel adalah Desa Rembangan Dan Motakan Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keberadaan fosfat dan nitrit dalam air yang berpengaruh pada keseimbangan ekosistem perairan. Keberadaan senyawa nitrit dalam jumlah tertentu dapat membahayakan kesehatan karena dapat bereaksi dengan hemoglobim
A. TEORI PENDUKUNG
Fosfat terdapat dalam air alam atau air limbah sebagai senyawa ortofosfat, polifosfat dan fosfat organis. Senyawa fosfat tersebut terdapat dalam bentuk terlarut.tersupsensi atau terikat di dalam sel organisme dalam air.di daerah pertanian ortofposfat berasal dari bahan pupuk yang masuk kedalam sungai melalui drainese dan aliran air hujan. keberadaan fosfat dan nitrit dalam air yang berpengaruh pada keseimbangan ekosistem perairan. Keberadaan senyawa nitrit dalam jumlah tertentu dapat membahayakan kesehatan karena dapat bereaksi dengan hemoglobim dalam darah, sehingga darah tidak dapat mengangkut oksigen lagi. Dalam konsentrasi tinggi nitrit dapat menstimulasi pertumbuhan ganggang sehingga air kekurangan oksigen.
B. HUBUNGAN TEORI DENGAN METODE
Metode yang digunakan sesuai dengan teori yang ada, dimana dilakukan analisis kandungan P total dan N total yang dilakukan proses dekstruksi dan diidentifakasi menggunakan spektrofotometri. sampel yang digunakan adalah air sungai.
C. METODE VALID ATAU TIDAK
Validasi metode analisis bertujuan untuk memastikan dan mengkonfirmasi bahwa metode analisis tersebut sudah sesuai untuk peruntukannya. Validasi biasanya diperuntukkan untuk analisa yang baru dibuat dan dikembangkan. Beberapa parameter analisis yang harus dipertimbangkan dalam validasi metode analisis adalah sebagai berikut:
a. Accuracy (Kecermatan)
Metode yang digunakan cukup cermat dimana identifikasi P total menggunakan analisis secara spektrofotometri dengan terlebih dahulu dilakukan proses dekstruksi.sedangkan N total dianalisi dengan metode potensiometri menggunakan elektroda selektif terhadap amunium sehingga sampel air terlebih dahulu didestruksi dengan metode kjeldahl.
b. Selektivitas (Spesifisitas)
Metode yang digunakan sangat selektif dimana dari hasil analisis diperoleh data bahwa ternyata tidak terdapat perbedaan yang signifikan menganai kandungan P atau N total antara sungai motakan dan rembangan.Untuk analisis variansi yang terpisah pada setiap pangambilan sampel ternyata terdapat perbadaan kandungan P dan N total.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa metode yang digunakan cukup valid karena tingkat kecematannya sangat tinggi dan sangt selektif. dan ditunjukan dengan pengujian linearitas.
D. SAMPLING PROSEDUR
Dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah air yang berasal dari perairan rembangan dan motakan.
2. MENYUSUN EKSPERIMEN
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode analisis spektofotometri dan potensiometri.
Bahan
bahan yang digunakan adalah asam sulfat pekat, asam sulfat 5,4N, amonium persulfat, fenolftalein, natrium hidroksida 1N.kalium antimonil tettrak, amonium molibdat, asam askorbat 0,01M , amionium klorida, aquades, HgO, natrium tiosulfat.
Peralatan
alat-alat yang digunakan adalah spektrofotometer ”spectronic 21”, alat kjeldahl, desikator dan beberapa alat gelas.
3. MELAKSANAKAN EKSPERIMEN
Eksperimen ini dilakukan di laboratorium kimia universitas jember sebagai tempat dilakukannya analisis kimia, sedangkan untuk pengmbilan sampel dilakukan didesa
Dengan prosedur kerja :
|
Lima kali selama enam bulan
|
Destruksi
|
N total
Metoda kejdahl
4. PROPORSI EKSPERIMEN
Eksperimen yang dilakukan sangat cermat dan sesuai dengan teori yang ada sehingga dapat dikatakan bahwa eksperimen ini sebanding dengan penelitian yang lain. kecermatan ditunjukan oleh hasil eksperimen yang dilakukan mengunakan spektofotomerti untuk analisis P total dan potensiometri untuk analisis N total.
TUGAS
KIMIA TERAPAN
OLEH
NAMA : YOHANES GELMANIUS
NIM : 0601060061
PRODI : P. KIMIA
SEMESTER : VII
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVESRITAS NUSA CENDANA
KUPANG
2010
Tidak ada komentar:
Posting Komentar